Halaman

27 Maret 2010

BAB I

1.1 Latar Belakang Masalah
Di era sekarang ini data dan informasi amat sangat dibutuhkan secara cepat. Karena kesibukan yang begitu padat sehingga waktu yang dimiliki begitu singkat untuk mencari informasi, terkadang hal ini menjadi alasan orang sehingga tidak sempat lagi untuk mencari informasi di dalam media tulisan.

Masalah tersebut di atas juga mungkin menjadi alasan utama orang-orang lebih membutuhkan dan menyukai sesuatu yang cepat dan instan untuk memperoleh data maupun informasi.

Demikian pula dalam dunia pendidikan. Seperti dalam hal pembelajaran yang membutuhkan media kamus. Banyak materi pembelajaran yang dalam pelaksanaannya sangat memerlukan kamus. Seperti halnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika dan lainnya. Walaupun banyak sekali buku-buku kamus yang membahas pembelajaran tersebut. Tetapi dalam faktanya kadang buku kamus menjadi tidak praktis dalam penggunaanya karena sudah banyak beredar kamus berupa kamus digital.

Dalam pembelajaran hukum pidanapun tidak jauh berbeda, banyak sekali pasal-pasal dan butir-butir hukum yang terkadang tidak terhapalkan dalam pelaksaan pembelajarannya, dikarenakan terlalu banyaknya pasal-pasal yang membahas tentang hukum pidana. Walaupun banyak buku kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) yang berisikan penjelasan pasal-pasal dan butir-butir hukum pidana tersebut, namun hal ini terkadang menjadi kendala bilamana informasi tentang penjelasan pasal-pasal pidana tersebut dibutuhkan dengan cepat dan instan. Oleh karena itu, penulis ingin membuat aplikasi KUHP digital dengan menggunakan Visual Basic.Net 2008 untuk membantu mencari informasi tentang penjelasan pasal-pasal hukum pidana.

1.2 Batasan Masalah
Dari permasalahan yang ada, penulis membatasi masalah hanya mengenai cara pembuatan aplikasi KUHP digital dengan menggunakan software Visual Basic.Net 2008 sebagai alat bantu (tools) untuk membuat serta mengelola data yang terkait dengan pasal-pasal hukum pidana. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan mengambil data dari buku KUHP dan data digital lain yang berkaitan dengan hukum pidana.
Aplikasi ini hanya memberi penjelasan isi dari pasal-pasal hukum pidana. Yang bilamana diinput pasal yang dicari maka akan muncul penjelasan tentang isi pasal tersebut.

1.3 Tujuan
Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membantu memberi informasi tentang pasal-pasal hukum pidana dengan hanya menginput pasal yang ingin diketahui. Sehingga dapat memberikan informasi dengan waktu yang lebih efisien.

1.4 Metode Penelitian
Untuk mendapatkan hasil penelitian yang maksimal, maka dalam pembuatan penulisan ilmiah ini digunakan metode studi pustaka yaitu pengumpulan data secara teoritis memlalui riset dengan membaca buku serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Visual Basic.Net 2008. Dan hardware seperangkat komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut :
• 1,6 GHz CPU
• 386 MB RAM
• 1024x768 displays
• 5400 RPM hard disk

Adapun prosedur pembuatan aplikasi KUHP digital ini dalam beberapa tahap berikut :
1. Pembuatan rancangan input data yang nantinya akan menjadi wadah untuk menginput dan menyimpan data-data pasal pidana.
2. Pembuatan rancangan output.
3. Pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
4. Pembuatan naskah program. Naskah program dibuat menggunakan perograman Visual Basic.Net 2008.

1.5 Sistematika Penulisan
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membagi sistematika petulisan menjadi empat BAB dengan uraian sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Berisikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan, metode penelitian yang digunakan dan sistematika dalam penulisan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Menguraikan teori-teori yang menunjang dan berhubungan dengan tulisan ilmiah ini seperti penjelasan singkat tentang Visual Basic.Net 2008, form dan objek control, tipe data, variable, konstanta dan operator, algoritma perograman (percabangan, perulangan dan array), manajemen database dan laporan.

BAB III : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Berisi tentang algoritma perograman dan alur program. Langkah-langkah pembuatan program. Menyimpan program. Membuat file setup. Dan bagaimana menjalankan program.

BAB IV : PENUTUP
Merupakan bab penutup yang berisikan kesimpulan dan saran dari hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar